BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet (M.RIFAT.YB/8C/25)

BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet

Dibuat oleh; M.Rifat Yusuf B/25/8C



 

Tujuan Pembelajaran

 

Tujuan Pembelajaran Jaringan Komputer dan Internet adalah mengetahui cara kerja pengiriman data dalam konektivitas jaringan; teknologi komunikasi pada ponsel; dan memahami cara terhubung ke internet secara aman.


Peta Konsep



Kata Kunci

Jaringan komputer lokal, jaringan internet, konfigurasi, routing, teknologi komunikasi, ponsel, proteksi data, enkripsi data.

 

A. Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah arsitektur di mana dua atau lebih komputer terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software. Jaringan Komputer dan Internet unik untuk membedakan perangkat yang disebut alamat IP. Berdasarkan pada jangkauan areanya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan lokal dan jaringan internet.

1. Jaringan Komputer


Jaringan lokal (LAN) merupakan sistem jaringan komputer yang menghubungkan perangkat dalam area terbatas seperti rumah, sekolah, kampus, atau kantor. LAN umumnya terdiri dari dua perangkat yang terhubung melalui kabel atau nirkabel, namun untuk menyambungkan lebih dari dua perangkat, diperlukan perangkat tambahan seperti switch atau router. Perbedaan mendasar antara switch dan router terletak pada kemampuan router untuk menghubungkan perangkat dari dua jaringan berbeda berdasarkan alamat IP yang berlainan, sementara switch hanya menghubungkan perangkat dalam satu jaringan. Alamat IP yang berbeda menandakan jaringan yang berbeda. Baik switch maupun router menggunakan protokol dan algoritma untuk pertukaran informasi serta pengiriman data ke tujuan, sementara protokol dalam jaringan komputer adalah aturan yang memastikan dua perangkat bisa berkomunikasi. Gambar dibawah memberikan gambaran jaringan komputer sederhana yang menghubungkan dua perangkat dan jaringan yang lebih kompleks dengan lebih dari dua perangkat yang terhubung.

2. Jaringan Internet

Internet, singkatan dari Inter-Network, adalah jaringan antarjaringan komputer yang memiliki jangkauan global, menghubungkan perangkat dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Definisi internet merujuk pada jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan sejumlah besar perangkat, memungkinkan interkoneksi dan komunikasi di antara mereka. Hampir semua kalangan, dari anak-anak hingga lansia, mengenal dan menggunakan internet. Layanan internet mencakup berbagai fungsi seperti komunikasi langsung (email, chat), sumber daya informasi terdistribusi (World Wide Web, Gopher), serta layanan remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), yang dapat diakses dengan bantuan layanan internet. Standar teknologi global yang mendasari internet adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP), yang merupakan aturan bagi aplikasi dalam berkomunikasi di jaringan. Untuk terhubung ke internet, komputer memerlukan dukungan hardware, software, dan langganan dari penyedia layanan internet (ISP, Internet Service Provider).

3. Konfigurasi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, dua komponen utama adalah node dan link. Node merujuk pada titik atau perangkat yang mampu mengirim, menerima, atau kedua-duanya terhadap data dalam jaringan, contohnya komputer, HP, switch, dan router. Sementara itu, link merupakan jalur transmisi data antar-node atau kadang disebut sebagai edge, yaitu hubungan antara satu node dengan node lainnya dalam jaringan. Gambaran abstrak jaringan komputer dapat dilihat melalui hubungan antara node dan edge, di mana switch berfungsi sebagai node penghubung yang terhubung ke beberapa node lainnya, sedangkan perangkat seperti komputer, laptop, atau ponsel terhubung hanya dengan satu perangkat lain.

4. Routing pada Jaringan Komputer

Routing pada jaringan komputer merupakan sebuah mekanisme pengiriman paket data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Pada sebuah router, biasanya, terdapat sebuah tabel routing atau lebih yang menyimpan informasi jalur routing yang akan dilalui ketika ada pengiriman data yang melewati router dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jadi intinya, proses routing adalah proses menentukan jalur yang dilalui sebuah paket data yang dikirim antar-dua buah perangkat. Untuk dapat melakukan proses routing, harus lebih dahulu diketahui alamat tujuan perangkat, alamat asal perangkat, dan rute terbaik. Rute terbaik biasanya merupakan jalur terpendek yang dapat dilalui. Konsep inilah yang dikenal dengan istilah jalur terpendek.

 

B. Komunikasi Data pada Ponsel

Komunikasi data adalah pengiriman dan penerimaan informasi antara perangkat seperti ponsel. Dalam penggunaan ponsel, terjadi komunikasi data melalui pesan, panggilan suara, koneksi internet, dan transfer dokumen. Untuk berfungsi sebagai alat komunikasi, ponsel membutuhkan jaringan seluler yang dikendalikan oleh Base Transceiver Station (BTS), bertindak sebagai pemancar dan penerima sinyal. BTS memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi dan jaringan komputer. Ponsel akan terlayani oleh BTS terdekat, secara otomatis bergeser ketika berpindah dari wilayah satu BTS ke wilayah lainnya. Dalam ilustrasi jaringan, ponsel akan menerima sinyal dari BTS terdekat, mempengaruhi kekuatan sinyal yang bergantung pada berbagai faktor seperti jarak dan lingkungan sekitarnya. Berikut faktor yang mempengaruhi kekuatan pada ponsel..

1.      Jarak dari BTS

Jarak yang jauh, sinyalnya akan melemah, sebaliknya jika sinyal dekat dengan ponsel, maka sinyal akan menguat.

2.      Material Bangunan

Material beton, baja, dan sebagainya besar bahan bangunan bias membuat sinyal ponsel melemah. Itu lah alasan mengapa saat di basement susah akan sinyal.

3.      Halangan

Seperti sebelumnya, Jika tidak ada halangan, maka sinyal ponsel akan sangat kuat, dan sebaliknya.

4.      Cuaca

Cuaca sangat mempengaruhi Gelombang radio, saat cuaca buruk maka gelombang radio akan terganggu dan Sinyal ponsel akan memburuk. Dan sebaliknya

5.      Pengguna lain dalam jaringan yang sama

Menara seluler hanya dirancang untuk menangani sejumlah koneksi tertentu pada saat bersamaan. jika dalam sebuah area BTS, banyak ponsel yang terhubung dengan BTS tersebut, Maka sinyal ponsel akan melemah.

C. Terhubung ke Internet dengan Aman

Internet Positif adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan membatasi akses terhadap situs web yang dianggap tidak layak oleh pemerintah, biasanya karena berisikan konten negatif seperti berita hoaks, SARA, atau pornografi. Website yang diblokir oleh Internet Positif dianggap berpotensi mencuri data pribadi seperti username, PIN, dan password, serta berisiko menyebabkan kerugian bagi pengguna. Salah satu metode yang digunakan dalam serangan terhadap keamanan internet adalah phishing, yang mencoba mencuri data dengan membuat situs web palsu yang menyerupai situs asli dan meminta pengguna untuk memasukkan informasi pribadi. Untuk menghindari risiko ini, pengguna disarankan untuk memeriksa alamat URL yang muncul di browser dan untuk melakukan setting keamanan pada browser guna mencegah akses ke situs berbahaya. Sejumlah browser seperti Chrome menyediakan fitur pengaturan keamanan yang dapat membantu melindungi pengguna dari serangan phishing, manipulasi psikologis, perangkat lunak berbahaya, dan lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa keamanan sebuah situs web dengan menggunakan situs seperti Google Safe Browsing untuk diagnosis keamanan.

 

Sekian dari saya Wassalammualaikum Warohmatullahi wbr.


Comments

Popular posts from this blog

Muhammad Rifat Yusuf Budinanda 7C

SOAL Essay BAB 6 Kelas 7 Muhammad RIfat yusuf budinanda