Rangkuman tentang BAB 7 Algoritma
Informatika BAB 7
Algoritma
Muhammad Rifat Yusuf
Budinanda 7C 22
Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk
menyelesaikan tugas tertentu. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh
manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program
untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan
pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat
berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah
lainnya.
Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat
lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat
berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya
atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan
A. Pemrograman
1. Manfaat belajar programming
·
Mengajari cara berpikir
·
Memerintahkan komputer melakukan apa yang kita
rancang
·
Mengajarkan keterampilan praktis untuk masa
depan
·
Memudahkan mencari pekerjaan
·
Memudahkan membuat karya seni
2. Cara belajar programming
Kita
akan belajar pemrogramman lewat contoh yang diberikan. Kemudian kita akan
berkreasi membuat program sesuai kreativitas. Kita dapat membuat pemrogramman
dengan atau tanpa komputer.
3.Scratch
Selamat
mencoba dan berkarya! Jangan lupa untuk mencatat hasil karya kalian di jurnal
kegiatan, ya. Yang akan dilakukan saat pertama menggunakan Scratch adalah
membuat akun sehingga hasil karya dapat tersimpan. Aktivitas yang akan kalian
lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang dapat diakses secara online
4. Membuat akun
Kita dapat memilih untuk membuat akun atau tidak. Namun,
kelebihan membuat akun ialah dapat menyimpan semua hasi proyek scratch. Berikut
langkah mendaftarkan akun scratch :
·
Pilih Join scratch di bagian kanan atas menu
·
Tuliskan username dan password
·
Kemudian ikuti langkah selanjutkan sampai
selesai
·
Jika sudah memiliki akun, bisa langsung log in
dengan memiih menu signin.
5. Mengenal universe scratch
Mari,
mengenal apa saja yang dapat kalian lakukan di Scratch. Pilih Menu Create di
menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut:
1.
Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat
dilakukan oleh objek.
2.
Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek,
dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag &
drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian
menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat
berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).
3.
Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan
pada objek.
4.
Menu D: Stage Grid untuk review hasil
implementasi blok kode pada objek. Grid ini memiliki titik X dan Y yang
berpusat di tengah, contohnya:
5.
Menu E: Di bagian ini, kalian dapat
meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas
sendiri.
6.
Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang
akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D
7.
Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada
project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap
sprite yang ada.
8.
Menu H: Nama proyek yang dibuat
terima kasih sdh mengerjakan tugasnya dengan baik
ReplyDelete