Rangkuman tentang BAB 7 Algoritma

Informatika BAB 7 Algoritma

 

Muhammad Rifat Yusuf Budinanda 7C 22

 

Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas tertentu. Algoritma dibuat untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer. Algoritma akan diterjemahkan menjadi kode program untuk memberikan urutan instruksi pada perangkat komputer. Algoritma dan pemrograman yang mengatur jalannya sistem komputer, membawa masyarakat berkomunikasi dengan cara yang baru dan membantu menyelesaikan beberapa masalah lainnya.

Pemrograman adalah proses mengembangkan program, perangkat lunak komputer, aplikasi, dan situs web. Saat ini, komputer tidak dapat berpikir sendiri. Komputer hanya menjalankan perintah yang diberikan kepadanya atau yang sudah tersimpan dan siap dijalankan

               

A. Pemrograman

1. Manfaat belajar programming

·         Mengajari cara berpikir

·         Memerintahkan komputer melakukan apa yang kita rancang

·         Mengajarkan keterampilan praktis untuk masa depan

·         Memudahkan mencari pekerjaan

·         Memudahkan membuat karya seni

2. Cara belajar programming

                Kita akan belajar pemrogramman lewat contoh yang diberikan. Kemudian kita akan berkreasi membuat program sesuai kreativitas. Kita dapat membuat pemrogramman dengan atau tanpa komputer.

3.Scratch

                Selamat mencoba dan berkarya! Jangan lupa untuk mencatat hasil karya kalian di jurnal kegiatan, ya. Yang akan dilakukan saat pertama menggunakan Scratch adalah membuat akun sehingga hasil karya dapat tersimpan. Aktivitas yang akan kalian lakukan menggunakan aplikasi Scratch yang dapat diakses secara online

 

4. Membuat akun

Kita dapat memilih untuk membuat akun atau tidak. Namun, kelebihan membuat akun ialah dapat menyimpan semua hasi proyek scratch. Berikut langkah mendaftarkan akun scratch :

·         Pilih Join scratch di bagian kanan atas menu

·         Tuliskan username dan password

·         Kemudian ikuti langkah selanjutkan sampai selesai

·         Jika sudah memiliki akun, bisa langsung log in dengan memiih menu signin.

 

5. Mengenal universe scratch

                Mari, mengenal apa saja yang dapat kalian lakukan di Scratch. Pilih Menu Create di menu atas Home, lalu akan muncul tampilan seperti berikut:

 

1.       Menu A: Kumpulan kategori kode yang dapat dilakukan oleh objek.

2.       Menu B: Kode yang dapat di-assign untuk objek, dapat juga dipilih dari kategori di menu A. Blok kode tinggal di-drag & drop ke bagian menu C untuk menggunakannya dan hasilnya dapat dilihat di bagian menu D. Contoh di sini apabila yang aktif adalah sprite (Menu G). Menu B dapat berubah apabila objek yang aktif adalah “Backdrops” (Menu F).

3.       Menu C: Daftar blok kode yang diimplementasikan pada objek.

4.       Menu D: Stage Grid untuk review hasil implementasi blok kode pada objek. Grid ini memiliki titik X dan Y yang berpusat di tengah, contohnya:

5.       Menu E: Di bagian ini, kalian dapat meng-customize bentuk dan suara dari objek/backdrops sesuai kreativitas sendiri.

6.       Menu F: kalian dapat mengatur backdrops yang akan digunakan. Hasilnya akan diperlihatkan di menu D

7.       Menu G: Kumpulan sprite yang digunakan pada project. Blok kode yang ada di menu B dapat diimplementasikan untuk setiap sprite yang ada.

8.       Menu H: Nama proyek yang dibuat

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Muhammad Rifat Yusuf Budinanda 7C

SOAL Essay BAB 6 Kelas 7 Muhammad RIfat yusuf budinanda

BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet (M.RIFAT.YB/8C/25)