Ringkasan BAB 1 Informatika Kelas 8 (Informatika dan Profil Pemuda Pancasila)

 

 Informatika BAB 1


Nama; Muhammad Rifat Yusuf Budinanda 

Absen; 25

Kelas; 8C


A. Informatika dan Profil Pemuda Pancasila

      Rumusan Profil Pelajar Pancasila adalah “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat. Informatika dan Pembelajarannya yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.” Pernyataan ini memuat tiga kata kunci: pelajar sepanjang hayat, kompetensi global, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif. 

        Informatika akan membantu kita untuk menyiapkan diri sebagai warga dunia digital. Di dunia digital, warga digital perlu cara komunikasi, sopan santun dan etika, serta membangun kebiasaan-kebiasaan baik. Karena kehidupan dunia digital seiring dan sejalan dengan dunia nyata, kita harus berkarakter baik di dunia nyata maupun dunia digital. Bagi pelajar Indonesia, karakter yang baik ini dirumuskan sebagai Profil Pelajar Pancasila. 

          Melalui mata pelajaran Informatika, kita juga akan belajar menumbuhkan karakter-karakter tersebut, sebagai warga dunia nyata dan sebagai warga dunia maya. Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kita akan mengasah kemampuan bernalar kritis dan kreatif. Saat itulah, kalian akan belajar menumbuhkan toleransi dan saling menghargai teman yang beraneka ragam latar belakangnya. Hal itu tentu dilakukan karena kita meyakini bahwa semua makhluk ciptaan Tuhan YME itu baik dan harus dihormati. Cara berkomunikasi yang baik dengan sesama juga menunjukkan akhlak yang mulia. 


B. Cara Belajar Informatika

  1. Materi tentang Konsep Informatika 
    Untuk mempelajari suatu materi yang memuat konsep Informatika, ada dua cara yang ditawarkan. Pertama, kita menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas dari bacaan atau media lain, kemudian kita berlatih dengan aktivitas tertentu. Kedua, kita belajar mandiri, yaitu  mengeksplorasi, beraktivitas terlebih dahulu, dengan harapan bahwa urutan langkah kegiatan yang dilakukan akan menuntun kita untuk memahami materi yang sebenarnya sedang kia pelajari dengan beraktivitas. 

    2. Belajar Lewat Kasus-Kasus Nyata 

    Konsep yang dijelaskan di atas, disajikan dalam bentuk kasus nyata terkait kehidupan sehari-hari. Sebuah kasus hanya mewakili satu kejadian dalam banyak kejadian yang sejenis. Kita harus mencari kesamaan “pola” yang melatar belakangi suatu kasus agar kita dapat menyelesaikan kasus sejenis dengan mudah. Melalui kasus adalah salah satu cara belajar menyelesaikan masalah.

    3. Aktivitas yang Dirancang pada Setiap Bab 

    Lakukan aktivitas yang dirancang langkah demi langkah secara saksama dan tidak terburu-buru. Melalui rangkaian tahapan aktivitas yang diberikan secara sistematis, kita sebenarnya sedang dituntun untuk mengalami, melakukan refleksi, memaknai dan merajut konsep informatika yang utuh berdasarkan elemen-elemen Informatika yang menjadi fokus. Jadi, aktivitas tersebut dirancang bukan hanya sebagai kegiatan fisik, tetapi juga kegiatan olah pikir.
    Beberapa kegiatan disebut sebagai “starter”, untuk memulai. Kegiatan “memulai” ini penting karena akan membuka pintu untuk mendalami konsep dan menjadi syarat dalam melakukan aktivitas selanjutnya. Apa yang dilakukan oleh komputer harus diperiksa kebenarannya (diuji) oleh manusia. Bedanya adalah bahwa komputer dapat melakukan perhitungan dengan data lebih banyak dalam waktu lebih cepat. Namun, untuk meyakinkan bahwa rumus atau algoritmanya benar, harus dicoba dulu oleh manusia dengan kasus kecil. 

    4. Pentingnya Refleksi, Memaknai, dan Mengoneksikan Pengalaman 

    Setelah mempelajari materi-materi yang diberikan, hendaknya kita melakukan refleksi materi dan melakukan koneksi dengan materi yang pernah dipelajari. Pengendapan dan mengoneksikan materi ini dapat dilakukan melalui ulasan kembali mengenai apa yang sudah kita pelajari, menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif yang membantu kita menemukan kesimpulan. 

5. Pentingnya Minat dan Motivasi 

    Belajar itu menyenangkan jika kita berminat terhadap apa yang dipelajari. Informatika perlu dipelajari oleh semua orang karena saat ini hampir semua orang membutuhkan berinteraksi lewat perangkat TIK. Bangsa Indonesia perlu untuk menjadi pencipta peralatan, sistem komputasi yang ikut membuat kehidupan lebih sejahtera dan bahagia. Untuk itu, penting belajar Informatika agar dapat tidak sekadar menjadi computationally literate, tetapi juga ikut menciptakan computational artefact, perangkat keras, perangkat lunak, karya TIK kreatif buatan bangsa Indonesia, bukan hanya menjadi pengguna TIK saja. 


C. Kilas Balik Mata Pelajaran Informatika Kelas VII 

Dalam mata pelajaran Informatika kelas VII, kita mempelajari semua elemen Informatika. Berikut adalah gambaran umum mengenai materi yang telah kita pelajari. 

1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kita telah belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang di dalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma, optimasi penjadwalan, struktur data list, dan representasi data. 

2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kita telah belajar mengenai pembuatan karya digital, berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi, serta mengelola file dalam folder. 

3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kita belajar mengenai definisi komputer, komputasi dan sistem komputasi, bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung. 

4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kita belajar mengenai pengantar jaringan komputer dan internet, proteksi data dan file, dan koneksi internet. 

5. Pada Bab Analisis Data (AD), kita belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika tools-nya tersedia, kita telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. 

6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kita belajar membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok-blok visual. 

7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kita belajar mengenai sejarah perkembangan, peranan, dan dampak positif maupun negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. kita akan lebih berhati-hati, mengutamakan aspek positif, serta menghindari dampak negatif bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk teman-teman. 

8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kita juga belajar bekerja sama dengan teman-teman kita untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kita pelajari pada bab-bab lain.


D. Apa yang akan Kalian Pelajari di Kelas VIII? 

Informatika kelas VIII merupakan kelanjutan dari Informatika kelas VII. Elemen-elemen pengetahuan yang dipelajari pada mata pelajaran Informatika kelas VIII ini sama dengan kelas VII, tetapi untuk kasus dan persoalan yang lebih kompleks dan lebih samar. 

1. Pada Bab Berpikir Komputasional (BK), kita akan belajar mengenai fungsi, algoritma dengan kasus yang lebih kompleks, representasi data (khususnya mengenai himpunan, logika, dan representasi bilangan), dan struktur data stack (tumpukan). 

2. Pada Bab Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kita akan memanfaatkan aplikasi pengolah kata, pengolah lembar kerja dan presentasi untuk mengintegrasikan konten setiap aplikasi, menghasilkan dokumen yang lebih kompleks. 

3. Pada Bab Sistem Komputer (SK), kita akan belajar mengenai fungsi sistem komputer, gerbang logika pada CPU, dan pengalamatan memori. Jika di kelas VII kalian hanya memandang komputer dari tampak luar, di kelas VIII, kalian akan masuk ke “dalam” komputer. Sama dengan belajar tubuh manusia, kalian akan belajar “organ-organ” (komponen) komputer yang tidak kasat mata, dan mempelajari bagaimana komponen tersebut berfungsi. 

4. Pada Bab Jaringan Komputer dan Internet (JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing pada jaringan komputer. 

5. Pada Bab Analisis Data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data. 

6. Pada Bab Algoritma dan Pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu Scratch dan Blockly. Mengapa harus kenal dua bahasa pemrograman? Karena bahasa pemrograman itu hanya digunakan untuk coding. Konsep pemrograman yang sama dapat diimplementasi dalam bahasa pemrograman yang berbeda. Dalam kehidupan, kita tidak bisa hidup hanya dengan satu bahasa, bukan? Misalnya, kalian minimal belajar bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Selain itu, jika fasilitas di sekolah memungkinkan, kalian dapat belajar pemrograman dengan menggunakan robot kecil, yaitu Ozobot. 

7. Pada Bab Dampak Sosial Informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media sosial, cyberbullying, pengkajian informasi secara kritis. Apa yang baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa 9 Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya buruk, membahayakan diri, atau bahkan kurang baik di media sosial, sebaiknya kalian hindari. Modul DSI menyajikan kasus-kasus yang dapat menjadi bahan renungan kalian dalam menentukan sikap, berkreasi, dan berperilaku di dunia maya. 

8. Pada Bab Praktik Lintas Bidang (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dalam kelompok, bergotong royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain. 


E. Apa Harapan Guru? 

1. Menerapkan berpikir komputasional untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari. 

2. Mampu mengaplikasikan berbagai aplikasi perkantoran yang menyelesaikan masalah yang melibatkan lebih dari satu aplikasi perkantoran. 

3. Memahami komponen sistem komputer, sistem-sistem bilangan yang umum digunakan dalam informatika, berbagai proses logika dalam sistem komputer. 

4. Memahami keterhubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya melalui jaringan komputer dan internet. 

5. Mendefinisikan, mengolah, dan mengelola sekumpulan data bervolume kecil untuk tujuan tertentu, serta menyajikan informasi yang didapat dari data tersebut. 

6. Membuat program dengan menggunakan dua jenis blok visual dan menarik abstraksi dari kedua blok visual tersebut. 

7. Memahami dan mampu berpikir kritis terkait berbagai informasi yang ada pada internet dan bertindak bijak ketika memanfaatkan dunia maya. 

8. Bekerja sama untuk menghasilkan sebuah karya sebagai solusi atas suatu persoalan, dengan menggunakan kemampuan-kemampuan yang sudah disebut di atas

F. Pemaknaan dan Kualitas Hasil belajar 

     Hasil belajar Informatika perlu dimunculkan menjadi artefak komputasional, hasil karya nyata, berupa ungkapan lisan, laporan, program komputer atau lainnya. Sebuah hasil karya nyata yang dibuat dengan komputer, bukan merupakan sebuah artefak komputasional jika tidak dihasilkan melalui proses berpikir komputasional. Oleh sebab itu, kalian perlu berusaha mandiri untuk mengasah berpikir kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas-tugas. Informatika akan mengasah kemampuan kalian dalam berkarya yang bermakna dan berkualitas. 

    Dalam proses belajar, tentunya kalian akan diminta mengerjakan soal-soal, membuat artefak komputasional, membuat program, atau karya-karya lainnya. Guru akan menilai jawaban dan hasil karya kalian. Konten yang tidak presisi atau tidak akurat, akan berpotensi menimbulkan interpretasi yang salah dan membuat orang lain bertindak salah. Selain konten, sajian juga penting karena di zaman sekarang, orang tidak hanya peduli ke isi, tetapi juga kepada “kemasan”, keindahan kemasan. Format tampilan bukan hanya akan menarik minat pembaca, tetapi juga dapat memperjelas, mempermudah pemahaman dan memperkuat isinya.

     Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan karena merupakan aspek penilaian computational artefact yang akan kalian hasilkan. 

a. Dalam menjawab soal, kalian akan mendapatkan nilai baik jika kalian dapat memahami soal, memberikan jawaban yang tepat sesuai logika 11 Bab 1 Informatika dan Pembelajarannya yang baik dan bukan hanya menebak. Kedua hal tersebut didukung dengan kemampuan kalian membuat strategi untuk menyelesaikan soal yang diberikan dan kemampuan untuk menjelaskan strategi yang lain buat secara runut. 

b. Dalam pembuatan program, kalian akan mendapatkan nilai baik jika dapat memanfaatkan perkakas (tools: Scratch dan Blockly) untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Hal tersebut didukung dengan kemampuan kalian untuk memahami dan menerapkan konsep yang sedang diajarkan. Sebagai contoh, jika kalian sedang belajar materi percabangan, untuk dapat menyelesaikan masalah yang di dalamnya terdapat unsur percabangan, tentunya kalian harus memahami konsep dan mampu mengimplementasikan konsep percabangan tersebut. 

c. Dalam pembuatan artefak komputasional, kalian akan mendapatkan nilai baik jika kalian dapat menganalisis, merancang solusi mengenai masalah yang diberikan pada soal, mampu menerapkan konsep yang diajarkan pada masalah tertentu, mampu mempresentasikan (atau melakukan demonstrasi, jika diperlukan) artefak komputasional yang dibuat. Salah satu bentuk pengkomunikasian hasil karya adalah pembuatan poster atau infografis, yang akan menjadi bagian penilaian dari pembuatan artefak komputasional tersebut. 

d. Dalam eksplorasi perkakas komputasi tertentu, kalian akan mendapat nilai yang baik jika kalian berhasil melakukan eksplorasi dengan kakas tertentu (misalnya Scratch, spreadsheet) dan berhasil memanfaatkan fitur-fitur pada perkakas tersebut secara optimal untuk membantu menyelesaikan masalah pada soal yang diberikan. Selain mengenai beraktivitas secara perseorangan, jika kalian bekerja dengan kelompok, ada juga nilai yang diambil berdasarkan dinamika kelompok kalian. Beberapa komponen penilaiannya adalah proses pembagian peran, pembagian kerja antara anggota kelompok, dan kemampuan komunikasi antaranggota tim, serta keaktifan kalian dalam berdinamika dalam kelompok. 

G. Refleksi dan Rencana Kegiatan 

    Selama dua semester, kita akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang akan disampaikan oleh guru. Kegiatan tersebut urutannya akan ditentukan oleh guru dan bukan oleh urutan dalam buku ini karena bahan dalam buku ini memang sengaja dibuat lebih banyak, dan tidak semuanya akan dibahas di kelas. 

    Informatika untuk SMP Kelas VIII Sebelum belajar tentang Informatika, ada beberapa kemampuan umum yang akan dipakai sepanjang pembelajaran yang penting untuk kalian kenal dan alami lebih dulu, antara lain bagaimana belajar dan bekerja dalam kelompok serta bagaimana mengomunikasikan hasil kerja dengan baik. 

Comments

Popular posts from this blog

Muhammad Rifat Yusuf Budinanda 7C

SOAL Essay BAB 6 Kelas 7 Muhammad RIfat yusuf budinanda

BAB 5 Jaringan Komputer dan Internet (M.RIFAT.YB/8C/25)